ASRAMA MUZAMZAMAH CHOSYI'AH (MAHASISWI VERSION) PONDOK PESANTREN DARUL UMUM PETERONGAN JOMBANG JAWA TIMUR


ASRAMA MUZAMZAMAH CHOSYI'AH DARUL ULUM 

asrama muzamzamah adalah salah satu asrama yang berdiri di bawah naungan pondok esantren darul umum, memiliki semboyan "smile smart relegion" yang saat ini diasuh oleh KH ali muhsin dan bu nyai Hj qonita as'ad. Bunyai qonita as'ad sendiri adalah putri dari romo KH as'ad umar pendiri universitas pesantren tinggi darul ulum (UNIPDU), umi ita dan ayah ali begitu para santri memanggil beliau selaku pengasuh dan orang tua wali di pesantren. Di asrama ini bukan hanya untuk siswa siswi smp sma saja, asrama ini juga menerima santri dari kalangan mahasiswa yang sedang menempuh ilmu di unipdu. 
foto diatas diambil saat terkunci gerbang asrama, jadi ceritanya di asrama ada batasn keluar yaitu sampai jam 17.00 bila melebihi jam tersebut, ustadzah dan pihak keamanan akan mengunci gerbang. gimana masuknya? nunggu keputusan ayah ali dan umi ita :) 
kegiatan nderes al-quran di auditorium muzamzamah chosyi'ah
waktu itu ayah ali habis bikin sayap-sayapan buat putri beliau kalau tidak salah untuk neng nela di pajang sebentar di auditorium dan para santri di perbolehkan foto di sayap itu 



 potret kamar muzamzah chosyi'a, ini foto di kamar mahasiswi untuk kamar siswinya kami tidak diperbolehkan ke wilayah mereka begitu juga sebaliknya, para siswi tidak diperkenakan berada di wilayah mahasiswi. jadi di asrama sini antara siswi dan mahasiswi dipisah kamarnya (tidak satu kamar) di pisah wilahyahnya juga, wilahyah siswi di sebut muzamzamah, wilayah mahasiswi disebut chosyi'ah.

 halaman depan muzamzah chosyi'ah. tempat sambang dan tempat ngaji. ada ayunan,ada kandang monyet, ayam, burung. keren kan... wooo kita diajarkan juga menyayangi sesama makhluk allah. :)
 pagi sebelum berangkat kuliah, lokasi kamar 19B. kamar mahasiswi sendiri di mulai dari kamar 16 A sampai 24A, banyak kan, satu kamarnya berkapasitas 18 santri.

 potret dalam rangka lomba memperingati haul KH as'ad umar yang diadakan setiap tahunnya. disi pengajian, dan lomba-lomba. selain untuk mendoakan almarhum kh as'ad umar bertujuan juga untuk meningkatkan jiwa juang kita melalui lomba-lomba tersebut.
 memberi makan monyet hehehehe....
 ehm ada lagi yang bakal bikin betah santri muuzamzah chosyi'ah yaitu akses wifi yang super cepat, hanya untuk mahasiswi. jadi mempermudah para pejuang strata mengerjakan tugas hahahahhaha


 jembatan status. begitu kami menamakan jembatan penghubung asrama muzamzamh dan chosyi'ah ini. karna biasanya pas malam tiba di jembatan ini banyak anak nongkrong, belajar, nyemil, ngerumpi baik mahasiswi ataupun siswi,etits ada batasnya looh tidak boleh semalam suntuk di jembatan status pada saat jam malam tiba yaitu pukul 22.00 jembatan ini harus kosong dan para santri harus kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat. bukan tempat nongkrong aja sih, di jembatan status ini juga digunakan untuk mengaji al-quran bagi mahsiswi.
 jama'ah di auditorium muzamzamah chosyi'ah. jam'ahnya tidak dibedakan antara siswi dan mahasiswi soalnya yang imam langsung yaitu ayah ali, terkadang umi ita juga menjadi imam.
 pas awal-awal masuk kuliah. :)
 warga kamar 19B 
 umi ita memberikan tausyiah kepada para mahasiswi


kegiatan mahasiswi:

  • jamaah subuh
  • ngaji kitab (senin-kamis al hikam, sabtu-minggu bulugul mahrom) bersama ayah ali
  • jamah magrib
  • ngaji kitab (minggu-senin qurutul uyun, selasa uqudulijen, rabu riyadul badi'ah, kamis muhadoroh, jumat sholawatan)
  • ngaji al quran (setelah ngaji kitab pagi dan magrib).
meskipun mahasiswi tetep ngaji itulah salah satu keunggulan asrama mahasiswi. join yuuk jadi santri sini, santri itu keren. ayo mondok.

Comments